Definisi Grafika Komputer dan Teknologi Display
Definisi Grafika Computer
Menurut Suyoto (2003), grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi. Pengertian grafik berbeda dengan image/citra, image merupakan gambar yang diperoleh dengan alat pengambil gambar, sperti kamera, scanner, dll.
Fase Perkembangan Grafika Komputer
1. Fase Pertama (1950)
- Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung. - MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT). - Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar - Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)
2. Fase Kedua (1960)
- Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland. - Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. - Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided. - Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul.
3. Fase Ketiga (1970)
Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
4. Fase Keempat (1980-1990)
- Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling). - Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.
Grafika Komputer
Merupakan cabang ilmu komputer yang membahas algorithma untuk menampilkan simulasi (benda). Grafika komputer tidak sama dengan pemrosesan citra (image processing). Mata kuliah grafika komputer tidak membahas software komersial seperti adobe photoshop, corel draw dan sebagainya. Mata kuliah grafika komputer juga tidak membahas tentang grafik bisnis, seperti diagram pie, diagram garis dan sebagainya.
Bidang Grafika Komputer
Mencakup area/ bidang : Film (spesial effects) Industri : CAD (computer aided design) Automated machining Visualisasi : data ilmiah hasil medik (scanning,X-Ray, MRI) Permainan Komputer Distribusi Online.
Tema Grafika Komputer
1. Modeling
2. Animation
3. Rendering
Rendering rendering digital adalah gambar digital atau raster image.
Tahapan Rendering
1. Geometri adalah besaran rotasi suatu garis dari satu titik pangkal ke posisi yang lain.
2. Kamera sebagai penentu untuk sudut pandang pada sebuah world (virtual camera).
3. Cahaya pada grafika 3D merupakan sebuah objek yang penting, karena dengan cahaya ini sebuah world dapat terlihat dan dapat dilakukan proses rendering.
RESUME SLIDE 2
Tekno;ogi Display
Dua Macam Menampilkan Gambar
1. Victor Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan segmen garis (vector).
2. Raster Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan titik (pixel).
Raster Display Menggunakan Peralatan Seperti :
Cathode Ray Tube (CRT) / Tabung sinar katoda
Tabung vakum yang berisi sumber elektron yang digunakan untuk melihat gambar untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron ke layar neon untuk menciptakan gambar. Contoh : televisi, monitor komputer), radar target dan lain-lain.
Plasma Display
plasma adalah video tampilan komputer dimana setiap piksel pada layar diterangi oleh sedikit kecil plasma atau gas yang dibebankan, agak seperti lampu neon kecil.
Liquid Cristal Display (LCD)
Suatu jenis display yang menggunakan Liquid Crystal sebagai media refl eksinya. Contoh : monitor,TV, kalkulator. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat puluhan ribu pixel. Pixel adalah satuan terkecil di dalam suatu LCD. Pixelpixel yang berjumlah puluhan ribu inilah yang membentuk suatu gambar dengan bantuan perangkat controller, yang terdapat di dalam suatu monitor.
CRT (Cathode Ray Tube)
- Paling banyak digunakan
- Bekerja berdasarkan prinsip scanning : Horizontal Scanning, Vertical Scanning.
- Scanning harus dilakukan dengan cepat untuk mencegah efek kerdipan (flicker).
Liquid Crystal Displays (LCDs)
– LCDs: organic molecules, naturally in crystalline state, that liquefy when excited by heat or E field
– Crystalline state twists polarized light 90º.
Plasma Display Panels
– Similar in principle to fluorescent light tubes
– Small gas-filled capsules are excited by electric field, emits UV light
– UV excites phosphor – Phosphor relaxes, emits some other color.
Raster Display System
- Setiap kondisi pixel di layar disimpan ke dalam memori yang disebut : frame buffer.
- Pixel mempunyai informasi mengenai :
– lokasi = lokasi memori di frame buffer
-banyaknya (lokasi) pixel yang dapat disimpan disebut sebagai resolusi
– warna = banyaknya byte di frame buffer = 2 n
- 1 bit memori = 2 1 warna = 2 warna
- 4 bit memori = 2 4 warna = 16 warna
- 8 bit memori (1 byte) = 2 8 warna = 256 warna
– Kapasitas memori membatasai banyaknya pixel yang ditampilkan dan warna yang dapat direpresentasikan.
Komentar
Posting Komentar